Smart Mind center Consulting menghimpun para ahli di bidang Mind Science (Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa dan Perilaku (Psikiater), Psikolog dan Peneliti HRD) untuk menerapkan ilmu tersebut bagi kemajuan masyarakat pada umumnya, dan khususnya dalam Mental Capacity Development, sehingga masyarakat mampu menghadapi tantangan era informasi dan globalisasi ini dengan baik dan sukses. 

     Mental Capacity adalah tingkat kemampuan mental individu untuk mengarahkan segala sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai suatu kinerja tertentu, baik sumber daya dari dirinya sendiri maupun dari lingkungannya. Ada 5 variabel dari Mental Capacity yang mampu dinilai melalui instrumen TKMI (Tes Kesehatan Mental Indonesia), dengan merajuk pada Howard Gardner (2008):

      1. Creating Mind

      2. Synthesizing Mind

      3. Respectful Mind

      4. Discipline Mind

      5. Ethical Mind


Dalam tes ini dinilai juga Kepribadian Dasar (Personality Traits) dengan variabel:

      1. Openness

      2. Conscientiousness

      3. Extraversion

      4. Agreeableness

      5. Neuroticism


      Sebagai tindak lanjut dari Mental Capacity Assessment dengan TKMI (Tes Kesehatan Mental Indonesia), Smart Mind Center telah berhasil pula mengembangkan program pelatihan:

      Mental Capacity Development Program untuk masyarakat dan instansi yang membutuhkan pemberdayaan SDM dengan memanfaatkan Mind Science sebagai basis Psikoterapi, untuk tenaga profesional yang akan melayani konseling atau psikoterapi sebagai tindak lanjut dari penilaian TKMI dengan temuan kondisi dan profil tertentu. Mereka membutuhkan ketrampilan khusus dalam melayani psikoterapi dan konseling terhadap kasus-kasus tersebut. Psikoterapi berbasis  Mind Science (Mind Therapy) diformulasikan dengan mensintesis dari Neuroscience, Evolutionary Psychology, dan Philosophy of Human Being, sehingga lebih kokoh dasar ilmiahnya, dekonstruksi mitos-mitos lama, dan disesuaikan dengan kondisi budaya masyarakat Indonesia.


     SMART MIND CENTER menyediakan layanan sebagai berikut :

       1. Masyarakat yang membutuhkan konsultasi, konseling dan pengobatan masalah kejiwaan (stress, depresi, dll)

       2. Perusahaan/instansi yang membutuhkan penilaian dan intervensi kapasitas mental (Mental Capacity

           Development Program) dan Employee Assistance Program (EAP)

       3. Profesi psikologi Klinis yang membutuhkan keterampilan dalam psikoterapi berbasis Mind Science dan penggunaan instrumen MMPI-2

       4. Seminar dan Workshop untuk masyarakat yang membutuhkan pengetahuan Mind Science dalam        

           menghadapmasalah-masalah kehidupan sehari-harinya

 

 

Artikel Kesehatan