Ternyata ini Manfaat Puasa Secara Psikologis

Ternyata ini Manfaat Puasa Secara Psikologis

Bulan Ramadhan, bulan penuh kemenangan. Selain ditandai dengan bermaaf-maafan, salah satu ciri khas bulan ini adalah ibadah puasa yang dilakukan umat Islam. Sudah banyak penelitian yang menemukan tentang manfaat dari puasa kepada tubuh, tetapi tahu gak kalau ternyata puasa pun bermanfaat untuk pikiran loh!...
Read More
Mengenal Si Fakir Perhatian, Narsisistik

Mengenal Si Fakir Perhatian, Narsisistik

Narsis, narsis, dan narsis. Pada umumnya orang selalu berpikir kalau narsis itu seseorang yang suka foto-foto dan ngaca, padahal gak selalu begitu. Tahukah kamu kalau sebetulnya narsistik sendiri merupakan sebuah personality disorder? Yuk, membahas hal ini lebih lanjut bareng Psikolog Alexandra Gabriella Adeline!...
Read More
Pertolongan Pertama Untuk Anak yang Ditendang di Mal Kelapa Gading

Pertolongan Pertama Untuk Anak yang Ditendang di Mal Kelapa Gading

Ma, sudah dengar berita anak kecil yang ditendang oleh orang dewasa di salah satu mal di Jakarta? Kejadian yang terjadi di Mal Kelapa Gading di area bermain depan restoran Sushi Tei sedang jadi perbincangan nih, Ma. Video rekaman CCTV yang beredar di media sosial mendapat beragam tanggapan, mulai dari menyalahkan anak laki-laki yang bermain ayunan hingga laki-laki dewasa yang melakukan kekerasan. Terlepas dari komentar nitizen di dunia maya, Mama perlu melakukan hal ini ketika anak mama mengalami kejadian serupa. Sebagai orangtua yang anaknya mengalami kekerasan, berikut pertolongan pertama yang harus dilakukan menurut psikolog Alexandra Gabriella. Yuk Ma, dibaca dan dipelajari! ...
Read More
Menjaga Kedekatan Anak Saat Ibu Bekerja

Menjaga Kedekatan Anak Saat Ibu Bekerja

Namanya anak pasti sulit untuk jauh-jauh dari orangtuanya, apalagi kalau kedua orangtuanya sama-sama bekerja. Ibu yang setiap harinya bekerja di kantor pasti memiliki kesulitan untuk meluangkan waktu Bersama anaknya. Beberapa ibu juga pasti khawatir kalau anak mereka akan lebih dekat dengan pengasuh. Bahkan ada anak yang ternyata lebih menurut dengan pengasuh daripada ibunya sendiri. Untuk mengatasi ketakutan-ketakutan yang ada, kali ini psikolog Alexandra Gabriella akan memberikan beberapa tips agar ibu yang bekerja bisa memiliki kualitas hubungan bersama anaknya....
Read More
Mengatasi Trauma Pelecehan Seksual

Mengatasi Trauma Pelecehan Seksual

Ada yang pernah mengalami pelecehan seksual? Pelecehan seksual biasanya bukan hanya dilakukan oleh orang-orang asing, melainkan bisa dilakukan oleh mereka yang di sekitar kita lho. Banyak kasus kalau pelecehan seksual dilakukan oleh orang tua kandung, orang tua tiri, teman atau bahkan pacar sendiri. Mungkin mereka dipengaruhi hasrat seksual yang tidak lagi bisa terbendung sehingga ada korban pelecehan seksual. Lalu untuk kamu yang pernah mengalami pelecehan seksual pasti merasakan trauma. Lalu kira-kira gimana cara ya menghilangkan trauma itu? Kali ini psikolog Alexandra Gabriella akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi trauma akibat pelecehan seksual....
Read More
Kok Gampang Banget Bilang Cerai?

Kok Gampang Banget Bilang Cerai?

Dikit-dikit bilang cerai? Duh jangan dong! Masa menyelesaikan masalah dengan perceraian. Kata “cerai” biasanya gampang terucap setelah pasangan ini mengalami pertengkaran hebat. Coba deh, untuk jangan selalu menyelesaikan masalah dengan kata “cerai”. Setiap permasalahan pasti ada tuh yang namanya jalan keluar. Enggak semua masalah selesai dengan cara pintas hingga berujung perceraian. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu dan si Dia lakukan agar kata “cerai” enggak mudah terucap dari bibir kalian. Berikut tips yang diberikan oleh Psikolog Alexandra Gabriella !...
Read More
WASPADA LOLI! Sebutan dari Si Pedofilia

WASPADA LOLI! Sebutan dari Si Pedofilia

Pernah dengar sebutan Loli? Jangan salah sangka dulu ya dengan sebutan ini. Memang sih terdengar lucu atau imut jika ada anak kecil diberikan sebutan ini, tapi ternyata ada artinya tersendiri lho. Dari beberapa situs menyebutkan kalau Loli adalah sebuah singkatan dari Lolicon yang berasal dari Bahasa Jepang. Dalam bahasa aslinya, Lolicon memiliki makna seseorang yang mempunyai obsesi pada anak-anak di bawah umur, menjelang atau sebelum masa pubertas. Untuk ini nih, kalau ada anak kecil yang diberi sebutan Loli perlu waspada. Jangan-jangan mereka sedang menjadi incaran dari para pedofil. Menurut psikolog Alexandra Gabriella ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi anak mereka dari incaran si pedofilia....
Read More
GANGGUAN PSIKOSOMATIK

GANGGUAN PSIKOSOMATIK

Banyak dari gejala dan keluhan fisik dapat ditimbulkan akibat stres mental yang menyerupai penyakit fisik yang kita kenal. Mampu membedakan antara gejala fisik dan gejala akibat stres atau cemas merupakan hal yang sangat penting untuk pengobatan yang tepat. Penelitian di bidang psikosomatik telah semakin maju sehingga dapat memberikan penjelasan tentang apa yang sebenarnya terjadi dan bagaimana pengaruh kekuatan pikiran terhadap tubuh fisik kita....
Read More
1 | 2 | 3 | 4 |

Artikel Kesehatan